Berkarir Bersama Freeport

.

Berkarir Bersama Freeport
Untuk mendukung keberhasilan berkelanjutan dari kegiatan operasi PT Freeport Indonesia, kami membuka kesempatan bagi anda untuk turut bergabung bersama lebih dari 18.000 orang tenaga-tenaga profesional di bidangnya dan bersama-sama mengatasi setiap tantangan menjadi peluang keberhasilan. Kami secara terus-menerus melakukan penerimaan tenaga kerja baru melalui proses rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi, untuk secara akurat menentukan individu-individu yang tepat dan berkualitas sesuai dengan tuntutan dan tantangan dari setiap posisi yang kami tawarkan.
Penerimaan Tenaga Kerja

Bila anda adalah individu-individu terbaik dengan latar belakang disiplin-disiplin ilmu pertambangan, geologi, metalurgi, industri, lingkungan, kelistrikan, mesin, sipil, arsitektur, fisika, kimia, teknologi informasi, manajemen, administrasi, keuangan, akuntansi, hukum, psikologi, sumberdaya manusia, serta komunikasi; maka andalah yang kami cari.

Persyaratan umum yang mutlak diperlukan adalah; bersedia ditempatkan di wilayah operasi kami di Papua, memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tertulis, penggunaan komputer, serta memiliki kemampuan dan kompetensi inti yang mencakup; berorientasi keberhasilan; berpikir analitis, berorientasi kesuksesan pelanggan, keselamatan kerja dan lingkungan, kepekaan budaya dan kepemimpinan.

Hubungi bagian rekrutmen kami dengan mengirimkan data diri dan riwayat kerja, dalam format MS Word dengan mencantumkan latar belakang pendidikan atau posisi terakhir dari pengalaman yang dimiliki sebagai email subject.

Hanya para kandidat yang memenuhi syarat yang akan dihubungi untuk tahap lebih lanjut yang meliputi: wawancara oleh bagian rekrutmen dan wakil departemen PTFI yang membutuhkan calon, tes tertulis, dan tes kesehatan.

Surat lamaran kerja dapat dikirimkan ke PT Freeport Indonesia melalui e-mail PTFIRecruiting@fmi.com

Graduate Development Program (GDP-PTFI)

Tujuan

* Secara aktif merekrut banyak lulusan setiap tahun dalam sejumlah bidang studi yang berbeda
* Melaksanakan Program Pengembangan Lulusan Baru (GDP) yang dirancang untuk memperoleh, mengembangkan dan mempertahankan profesional—profesional muda.
* Menyediakan peluang pengembangan berbasis kompetensi kepada lulusan nasional yang terpilih.

Lulusan baru dianggap sebagai salah satu dari investasi jangka panjang kami yang paling penting. Melalui GDP, perusahaan:

* Mendidik dan mengembangkan sekelompok profesional muda
* Memberikan prioritas kepada profesional muda Papua, khususnya masyarakat Papua lokal dari “Tujuh Suku.”

Lebih lanjut mengenai Graduate Development Program (GDP) di PTFI, silakan lihat di sini.

New Graduates Center
Quality Management Services Department
PT Freeport Indonesia
Tembagapura, Papua 99930
PTFIgdp@fmi.com

Magang / Kerja Praktek

Proposal yang telah dilengkapi dokumen penunjang yang diperlukan (sesuai persyaratan) sudah harus diterima Bagian Pengembangan Karyawan PTFI di Jakarta atau Tembagapura paling lambat 40 hari sebelum program dimulai. Proposal dan dokumen penunjang dapat dikirimkan melalui jasa pos ke alamat sebagai berikut:

Bagian Pengembangan Karyawan
Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia
PT Freeport Indonesia
P.O. Box 3148
Jakarta 10001

* Seleksi akan dilakukan oleh Bagian Pengembangan Karyawan PTFI di Jakarta atau Tembagapura. PTFI akan memberitahukan hasil seleksi kepada setiap calon peserta.
* Bagian Pengembangan Karyawan PTFI akan menyiapkan surat perjanjian yang harus ditandatangani oleh siswa yang telah diterima sebelum mengikuti Program.
* Siswa harus memberikan konfirmasi kembali mengenai tanggal mulainya Program yang akan diikuti kepada departemen yang bersangkutan paling lambat satu minggu sebelum program dimulai.

Untuk pertanyaan mengenai program kerja praktek/magang dan tugas akhir di PTFI, silakan email ke: PTFIInternship@fmi.com

Tanya Jawab Mengenai Penerimaan Tenaga Kerja PTFI

* Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi apabila akan mengajukan surat lamaran kerja?
Surat lamaran harus ditulis atau diketik dengan jelas dan rapih, serta dilengkapi salinan ijasah terakhir lengkap dengan transkrip akademik; surat pengalaman kerja; sertifikat training; kartu identitas diri dan kartu tanda pencari kerja dari DISKIMNAKER.
* Bagaimana tata cara yang diberlakukan dalam proses seleksi penerimaan tenaga kerja di PTFI?
Apabila pelamar memenuhi persyaratan yang ditentukan, akan dipanggil untuk mengikuti proses seleksi, yaitu berupa wawancara; tes kemampuan teknis sesuai dengan bidang yang dilamar; tes kemampuan berbahasa Inggris lisan maupun tulisan; assessment test dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter atau rumah sakit yang ditentukan oleh PTFI.
* Apakah ada jadwal tertentu yang diberlakukan oleh PTFI dalam pelaksanaan penerimaan tenaga kerja?
Tidak ada jadwal khusus yang ditentukan, karena seleksi penerimaan tenaga kerja bisa dilaksanakan kapan saja sesuai kebutuhan dan tentunya dengan tetap mengacu kepada kebutuhan tenaga kerja PTFI.
* Apakah pelamar bisa mengajukan pilihan untuk bekerja di PTFI Jakarta atau di Jobsite (Timika, Papua)?
Lowongan atau kebutuhan yang ada sudah ditentukan, baik untuk di Kantor PTFI Jakarta atau di Jobsite (Timika, Papua), oleh karena itu calon karyawan tidak dapat memilih tempat bekerja. Akan tetapi, calon karyawan dapat memilih untuk melamar hanya posisi yang ada di lokasi kerja yang dikehendaki.
* Latar belakang disiplin ilmu apa saja yang diperlukan di PTFI?
Dengan organisasi yang cukup besar dan lingkup operasi yang luas, pada dasarnya hampir sebagian besar disiplin ilmu diperlukan di PTFI. Namun karena PTFI bergerak dalam bidang pertambangan, tenaga kerja dengan latar belakang teknik lebih banyak diperlukan, di samping bidang pengembangan yaitu; Information Technology, Organizational Development dan Training.
* Apakah ada kemungkinan bahwa karyawan ditempatkan pada bidang yang berbeda dengan disiplin ilmu yang dimiliki?
Apabila pengalaman yang dimiliki memang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, bisa terjadi bahwa karyawan tersebut ditempatkan pada bidang yang berbeda dengan latar belakang pendidikan yang dimilikinya.
* Apakah PTFI memberikan kesempatan kerja kepada Sarjana yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja?
Pada saat ini PTFI memiliki program Graduate Development Program, yang dibuat khusus untuk menerima Sarjana yang baru lulus namun harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan dan melalui proses seleksi yang cukup ketat.
* Apakah PTFI hanya memerlukan karyawan dengan latar belakang pendidikan Sarjana?
Tidak. PTFI juga menerima karyawan yang bukan Sarjana, namun diutamakan yang telah memiliki pengalaman kerja minimum 3 tahun. Pada saat ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan Non-Sarjana, PTFI melakukan kerja sama dengan perusahaan kontraktor penyedia tenaga kerja, yaitu PT Buma Intinaker dan PT Salju Abadi Sejahtera.
* Apakah ada suatu program yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan bagi anak-anak bekas karyawan PTFI?
Program yang dibuat secara khusus tidak ada. Akan tetapi anak bekas karyawan PTFI biasanya mendapatkan perhatian atau penanganan secara tersendiri, namun tetap harus memenuhi persyaratan dan mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan oleh perusahaan.
* Apakah PTFI memberikan prioritas kepada calon karyawan tertentu?
Ya. PTFI memberikan prioritas kepada calon karyawan dari Papua terutama yang termasuk dalam Tujuh Suku di sekitar daerah pertambangan. Kami selalu berusaha untuk mengisi semua lowongan pekerjaan dengan calon yang berkualitas dari Papua sebelum mencari dari daerah lain.
* Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa surat lamaran sudah diterima atau diproses oleh PTFI?
Untuk semua surat lamaran yang masuk, PTFI selalu mengirimkan surat balasan kepada para pelamar; jika tidak ada panggilan dalam kurun waktu satu bulan sejak lamaran diterima, Maka secara langsung pelamar tersebut belum memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

.
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos