Tips Mencari Lowongan Kerja Untuk Freshgraduate

Tips Mencari Lowongan Kerja Untuk Freshgraduate - Langkah awal memulai karir setelah kelulusanmu bisa menjadi fase yang membingungkan, kamu mungkin tidak selalu punya jawaban atau arahan yang jelas untuk meniti karir. Mungkin kamu juga belum yakin dengan minatmu.

Mencari lowongan kerja semestinya tidak membuatmu terpuruk dengan keadaan, agar kamu berhasil melewati fase tersebut dan semakin yakin dengan pilihan karirmu, kamu harus mempersiapkan beberapa hal, yuk simak di bawah ini:

Tips Mencari Lowongan Kerja Untuk Freshgraduate 6 Langkah Mencari Lowongan Kerja Untuk Para Fresh Graduates

Tips mencari lowongan kerja untuk fresh graduates


1. Ingat kembali pengalaman profesional dan organisasi

Langkah awal dalam mencari lowongan kerja adalah memastikan semua informasi yang sudah kamu tulis di CV-mu sudah lengkap, coba kamu perhitungkan kembali pengalaman-pengalaman apa saja yang kamu miliki untuk menyokong lamaran kerjamu.

2. Persiapkan dokumen (CV, Cover letter)

Setelah kamu mengingat kembali semua pengalaman yang kamu miliki, maka saatnya kamu untuk mulai merapikan CV dan Cover letter. Sekarang sudah banyak contoh dan template CV yang bisa kamu gunakan untuk mulai mencari lowongan kerja.

3. Cari lowongan kerja secara rutin

Gunakan waktu luangmu untuk mencari lowongan kerja secara rutin, prioritaskan kegiatan mencari lowongan kerja untuk hari-harimu yang kosongkan. Alokasikan beberapa jam untuk benar-benar mencari dan melakukan riset pada perusahaan yang kamu inginkan atau berselancar di job portal.

4. Manfaatkan relasi yang kamu miliki

Siapa bilang mencari lowongan kerja hanya bisa kamu lakukan melalui job portal? Kamu bisa memanfaatkan koneksi atau relasi yang kamu kenal untuk mulai mendapatkan pekerjaan. Coba ingat kembali alumni atau temanmu di organisasi, barangkali mereka bisa merekomendasikan kamu.

5. Ketahui apa yang kamu inginkan

Hal ini mungkin cukup kontradiktif dengan kondisimu yang sedang kebingungan, tapi sebenarnya ini saat yang sangat tepat untuk merefleksikan masa depan. Coba kamu pikirkan lagi hal apa saja yang kamu minati atau sukai, hal apa saja yang membuatmu lupa waktu ketika sedang mengerjakannya.

6. Bangun personal branding

Ini juga waktu yang tepat untuk mulai membangun personal branding yang baik, kamu bisa memanfaatkan media sosialmu untuk hal-hal seputar yang kamu sukai dan lakukan hal tersebut dengan konsisten. Ini juga menjadi sarana untuk membangun portofoliomu.

Itu tadi hal-hal yang bisa kamu siapkan dalam mencari lowongan kerja setelah kelulusan atau wisudamu, selama kamu konsisten dan tetap optimis untuk mencari lowongan kerja kamu pasti bisa segera mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, good luck!