Menggali Potensi Para Kandidat Melalui Tes Wawancara

.

Career Days UGM VIII kembali menarik perhatian ribuan massa.


Dari pantauan, jumlah pengunjung yang mengakses bursa kerja di hari kedua, Minggu (6/2), lebih besar dibanding sehari sebelumnya. Mereka yang datang tidak hanya sekadar melihat-lihat expo dari berbagai perusahaan ternama ataupun memasukkan lamaran pekerjaan, kebanyakan dari mereka justru sudah mengikuti tahapan tes, seperti psikotes dan tes wawancara.

Tes interview tersebut dilakukan di lantai 1 gedung Ghra Sabha Pramana (GSP) UGM, di beberapa ruangan berbeda. Beberapa perusahaan, seperti Bank Mandiri (Persero Tbk.), PT. Cipta Krida Bahari, Baker Hughes, dan sejumlah perusahaan lain tengah menggelar tes di sayap timur GSP.
Bank Mandiri yang telah mengadakan tes wawancara sejak kemarin sore, hari ini kembali mengadakan tes serupa di Ruang A 13, A 14, dan A 15. Tes tersebut dimulai sejak pukul 08.30 pagi tadi dan belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Jika dari tes pada hari pertama tercatat 80 orang yang menghadiri tes, pada hari kedua ini belum diketahui jumlah peserta yang memenuhi panggilan wawancara.
Sementara itu, di Ruang tes A 18, sejak pukul 09.00 pagi tadi telah dilangsungkan job interview PT. Cipta Krida Bahari. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk wawancara masing-masing peserta diperkirakan berlangsung selama 30 menit. Ketika berita ini diturunkan, dari 24 peserta yang dipanggil untuk mengikuti tes wawancara, baru sekitar separuh dari jumlah kandidat yang telah menyelesaikan tahapan tersebut.Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan jumlah peserta tes wawancara dari perusahaan Baker Hughes. Pada pukul 11.00 siang tadi, setidaknya 21 peserta terdata mengikuti tes ini di 2 ruangan berbeda, yakni di Ruang A 17 dan A 19.
Dari beberapa tes wawancara yang diadakan hari ini, PT. Pura Barutama (Pura Group) mungkin menjadi salah satu perusahaan yang menggunakan metode sedikit berbeda dibanding perusahaan-perusahaan lain. Perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas tersebut mensyaratkan tes wawancara sebelum lanjut ke tahap psikotes dan medical check up. Jadi, siapa saja yang berhak mengikuti psikotes dan tes kesehatan akan bergantung pada keputusan pewawancara.
Menariknya, kali ini PT. Pura Barutama tidak hanya membuka satu stan wawancara saja. Pihak perusahaan telah menyiapkan beberapa stan wawancara dengan sejumlah HRD berdasarkan posisi yang dilamar. Hal ini tentu memudahkan para peserta tes karena selain dapat fokus dengan jabatan yang diinginkan, mereka tidak harus menunggu antrean terlalu lama. (app/Pat-DAD)

.
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos